Punya Penyakit Jantung, Ini 5 Gaya Hidup yang Wajib Kamu Lakukan !

jiayuofficial – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 17 juta orang meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan jantung setiap tahun di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 3 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular termasuk stroke dan serangan jantung. Penyakit yang berhubungan dengan organ tubuh sering disebut sebagai ‘silent killer’ karena sifatnya yang silent killer. Jika Anda memiliki riwayat penyakit penyakit ini , ada beberapa gaya hidup yang harus Anda lakukan untuk mencegah serangan jantung di kemudian hari.

5 Gaya Hidup Untuk Terhindar dari Penyakit Jantung :

1. Banyak bergerak

Olahraga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan. Ini membantu mengelola perasaan cemas atau stres dan juga memungkinkan tidur yang lebih baik. Setiap orang harus mendapatkan 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu. Ini bisa berupa jalan cepat, bermain bulu tangkis, atau tenis. Anda juga dapat memilih untuk melakukan aktivitas fisik intensif selama 75 menit dalam seminggu.

Selain itu, latihan kekuatan dua hingga tiga hari juga penting untuk memulihkan, menambah, dan mempertahankan massa otot. Penting untuk menemukan aktivitas yang Anda sukai sehingga membantu Anda tetap konsisten dengan rutinitas olahraga Anda. Latihan kekuatan dua kali seminggu dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, tulang yang lebih kuat, dan kesehatan mental yang lebih baik.

2. Perhatikan Makanan Anda

Mulailah dengan makan lebih banyak buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Juga termasuk ikan, protein tanpa lemak, dan makanan susu rendah lemak dalam diet Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa kesehatan jantung meningkat ketika makanan ini menggantikan makanan tidak sehat dalam diet harian Anda.

3. Berhenti merokok

Kita semua tahu bahwa merokok merugikan kesehatan, bahkan perokok pasif. Merokok membuat darah Anda lengket dan rentan mengembangkan lebih banyak gumpalan yang dapat memicu serangan jantung.

4. Belajar mengelola stres

Kita semua tahu bagaimana stres dapat meningkatkan tekanan darah yang tidak baik untuk jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan cara yang dapat membantu Anda mengelola stres dan kecemasan Anda. Buat rutinitas untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai setiap hari. Jadwal tidur yang konsisten juga membantu dalam mengelola kesehatan jantung.

5. Pelajari tentang penyakit Anda dan risikonya

Pemecahan masalah selalu lebih mudah jika Anda mengetahui penyebabnya dengan benar. Mempelajari apa yang baik dan buruk untuk penyakit Anda adalah pendekatan terbaik untuk mengatasi masalah apa pun.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Bersepeda Menjadi Rencana Travel Yang Mengasyikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *